Bahan untuk Membuat Periskop Sederhana

Halo, teman-teman! Apa kabar? Kalian pasti pernah mendengar tentang periskop, kan? Periskop adalah alat yang biasanya digunakan oleh tentara atau nelayan untuk melihat apa yang ada di luar dari tempat yang tersembunyi. Tapi tahukah kalian bahwa kalian juga bisa membuat periskop sederhana sendiri? Nah, di artikel ini kita akan belajar tentang bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat periskop sederhana. Jadi, jika kalian penasaran, mari kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sekarang, mari kita bahas tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat periskop sederhana. Yaitu:

1. Kotak Karton

Bahan pertama yang akan kita butuhkan adalah sebuah kotak karton yang cukup besar untuk menampung periskop. Anda dapat menggunakan kotak dari barang bekas atau membelinya di toko perlengkapan sekolah atau kertas.

Usahakan memilih kotak yang cukup kuat dan tidak mudah rusak. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda dan pastikan kotak karton tersebut dapat menutup dengan rapat.

2. Kertas Aluminium

Bahan selanjutnya adalah kertas aluminium. Kertas ini akan digunakan sebagai cermin reflektor dalam periskop. Kertas aluminium biasanya dapat ditemukan di supermarket atau toko-toko kertas.

Pastikan kertas aluminium yang Anda beli cukup lebar agar dapat menutupi lubang periskop dengan baik. Jika tidak tersedia kertas aluminium, Anda juga dapat menggunakan kaca cembung sebagai alternatif.

3. Kertas Transparan

Kertas transparan akan digunakan sebagai pelindung dan memperbaiki sudut pandang di lubang periskop. Anda dapat menggunakan kertas transparan yang biasa digunakan untuk melapisi dokumen atau foto, yang bisa didapatkan di toko kertas atau alat tulis.

Kertas transparan ini akan memberikan kejernihan pada gambar yang terlihat melalui periskop Anda. Pastikan untuk memotong kertas transparan sesuai ukuran lubang periskop dan mengamankan dengan rapat agar tidak jatuh atau bergeser dari posisinya.

4. Alat Perekat

Alat perekat seperti lem atau selotip akan digunakan untuk menyatukan kotak karton dan menempelkan kertas-kertas tadi dengan rapi. Pilihlah alat perekat yang kuat dan dapat menahan bahan-bahan tersebut dalam waktu yang lama.

Pastikan juga alat perekat yang Anda gunakan aman dan tidak menghasilkan bau atau uap yang berbahaya. Selalu gunakan alat perekat dengan hati-hati dan menghindari kontak langsung dengan kulit atau mata.

Dengan menyiapkan semua bahan-bahan tersebut, Anda telah siap untuk membuat periskop sederhana Anda sendiri. Pastikan juga Anda memiliki alat-alat tambahan seperti pensil, penggaris, dan gunting untuk membantu dalam proses pembuatan periskop. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pipa PVC

Pipa PVC adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat periskop sederhana. PVC merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride yang merupakan sejenis material plastik yang ringan, kuat, dan tahan terhadap korosi. Pipa PVC biasanya digunakan sebagai saluran air di rumah atau gedung.

Pipa PVC yang Diperlukan

Untuk membuat periskop sederhana, Anda akan memerlukan dua potong pipa PVC dengan panjang yang sama. Pipa PVC yang ideal memiliki diameter sekitar 5 cm agar memudahkan penglihatan dan mengurangi gangguan cahaya yang masuk. Anda juga akan memerlukan dua siku PVC, dua tutup PVC, dan lem PVC untuk menghubungkan semua bagian.

Pilihlah pipa PVC yang berkualitas baik dan memiliki dinding yang tebal untuk menghindari keretakan saat proses perakitan. Anda juga dapat memilih pipa PVC yang transparan untuk mempermudah melihat objek dari dalam periskop.

Mari kita mulai membangun periskop sederhana ini. Pertama, ukur dan potong pipa PVC menjadi dua bagian yang sama panjangnya. Pastikan potongan pipa dengan ukuran yang sama untuk mendapatkan hasil yang seimbang saat digunakan.

Selanjutnya, pasang siku PVC pada ujung masing-masing potongan pipa PVC. Ini akan menjadi tempat Anda mengintegrasikan kedua potongan pipa menjadi satu periskop. Pastikan siku PVC terpasang dengan kuat menggunakan lem PVC agar tidak mudah lepas saat digunakan.

Kemudian, sambungkan kedua potongan pipa PVC dengan menempatkan tutup PVC pada ujung satunya. Pastikan tutup PVC terpasang dengan kokoh agar tidak ada cahaya yang masuk saat menggunakan periskop.

Sekarang, periskop sederhana Anda telah selesai dibangun. Anda dapat menggunakannya dengan cara memandang melalui salah satu ujung pipa dan mengarahkan ujung yang lain ke objek yang ingin dilihat.

Pipa PVC adalah bahan yang sangat cocok untuk membuat periskop sederhana karena kekuatannya yang tahan lama dan kemampuan transparannya yang memungkinkan kita melihat objek dengan jelas. Selain itu, pipa PVC juga mudah didapatkan dan terjangkau harganya, sehingga membuat pembuatan periskop menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Cermin Datar

Cermin datar adalah salah satu komponen penting dalam pembuatan periskop sederhana. Cermin datar berfungsi sebagai pemantul cahaya sehingga memungkinkan pengguna periskop untuk melihat objek yang ada di luar periskop tanpa perlu keluar dari tempatnya.

Bahan untuk membuat cermin datar

Untuk membuat cermin datar, Anda memerlukan beberapa bahan dan alat yang mudah ditemukan sehari-hari:

  1. Botol minuman bekas
  2. Aluminium foil
  3. Pernis
  4. Lem kertas
  5. Gunting
  6. Peniti

Langkah-langkah membuat cermin datar

1. Pertama, siapkan botol minuman bekas yang telah dibersihkan dan dikeringkan dengan baik.

2. Gunakan gunting untuk memotong bagian tengah botol sehingga tersisa bagian bawahnya yang berbentuk bulat.

3. Tempelkan aluminium foil pada bagian dalam botol yang telah dipotong. Pastikan aluminium foil menutupi seluruh permukaan bagian dalam botol.

4. Gunakan lem kertas atau lem serbaguna untuk menempelkan aluminium foil pada botol. Pastikan aluminium foil menempel dengan kuat dan rata.

5. Biarkan lem mengering dan periksa apakah aluminium foil telah menempel dengan baik.

6. Setelah itu, gunakan pernis untuk melapisi aluminium foil. Hal ini akan membuat permukaan cermin lebih halus dan meningkatkan pemantulan cahaya.

7. Tunggu hingga pernis mengering sepenuhnya sebelum melanjutkan tahap berikutnya.

8. Terakhir, gunakan peniti untuk menempelkan cermin datar pada bagian atas periskop. Pastikan cermin dapat berputar agar pengguna periskop dapat melihat dengan lebih fleksibel.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat cermin datar untuk periskop sederhana Anda sendiri. Nikmati pengalaman menarik dalam mengamati lingkungan sekitar dengan periskop yang Anda buat sendiri!

Kertas kalkir atau kertas aluminium foil

Kertas kalkir dan kertas aluminium foil merupakan dua bahan yang umum digunakan untuk membuat periskop sederhana. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan tergantung pada preferensi dan ketersediaan.

Kertas kalkir

Kertas kalkir adalah jenis kertas transparan yang biasa digunakan untuk menggambar atau menyalin gambar. Kertas ini sering digunakan untuk membuat periskop sederhana karena kemampuannya yang transparan, ringan, dan mudah ditemukan. Untuk membuat periskop menggunakan kertas kalkir, Anda perlu menyiapkan dua potong kertas kalkir dengan ukuran yang sama. Kemudian, potong salah satu kertas kalkir menjadi dua bagian dengan sudut 45 derajat. Tempelkan potongan bagian yang berbentuk segitiga itu pada salah satu sisi kertas kalkir utuh menggunakan lem atau lakban. Lipat kertas kalkir yang utuh menjadi silinder dan tempelkan ujungnya yang terbuka menggunakan lem atau lakban. Sekarang, periskop sederhana Anda sudah siap digunakan!

Kertas aluminium foil

Kertas aluminium foil adalah jenis kertas tipis yang dilapisi dengan aluminium. Bahan ini umum digunakan dalam memasak untuk melindungi makanan dari panas atau untuk membungkus makanan. Namun, kertas aluminium foil juga dapat digunakan dalam membuat periskop sederhana. Keuntungan menggunakan kertas aluminium foil adalah kemampuannya untuk memantulkan cahaya dengan baik, sehingga membuat pandangan melalui periskop menjadi lebih jelas. Untuk membuat periskop menggunakan kertas aluminium foil, Anda perlu menyiapkan dua potong kertas aluminium foil dengan ukuran yang sama. Tempelkan potongan kertas aluminium foil pada dua sisi sejajar pada papan atau karton. Kemudian, bentuklah dua potongan kertas aluminium foil tersebut menjadi bentuk silinder dan rekatkan ujungnya menggunakan lem atau lakban. Periskop sederhana dari kertas aluminium foil Anda siap digunakan untuk menjelajahi dunia sekitar Anda!

Dalam membuat periskop sederhana, baik menggunakan kertas kalkir atau kertas aluminium foil, pastikan untuk memastikan kedua cermin pada periskop tersebut dapat membentuk sudut 45 derajat untuk memastikan pemantulan cahaya dengan baik. Kreativitaslah yang akan memandu Anda dalam menciptakan periskop yang unik dan menyenangkan. Selamat berpetualang dengan periskop sederhana Anda!

Lem dan gunting

Lem dan gunting adalah dua bahan penting yang diperlukan untuk membuat periskop sederhana. Lem yang digunakan bisa berupa lem tembak atau lem kertas yang mudah ditemukan di toko-toko alat tulis. Sementara itu, gunting yang digunakan bisa berupa gunting biasa yang digunakan untuk memotong kertas atau bahan lainnya.

Lem sebagai perekat

Lem merupakan bahan yang digunakan untuk merekatkan dua potongan kardus menjadi satu kesatuan. Pada pembuatan periskop sederhana, lem digunakan untuk menggabungkan dua potongan kardus yang berbentuk seperti tabung. Pastikan lem yang digunakan cukup kuat untuk membuat periskop menjadi kokoh dan tahan lama.

Gunting untuk pemotongan

Gunting berperan penting dalam proses pembuatan periskop sederhana. Gunting digunakan untuk memotong kardus dan kertas sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Dengan menggunakan gunting yang tajam dan presisi, kita dapat dengan mudah memotong kardus dan kertas menjadi bentuk yang sesuai untuk periskop. Pastikan gunting yang digunakan cukup tajam dan lancar dalam pemotongan agar hasilnya rapi dan bersih.

Tips menggunakan lem dan gunting

Sebelum menggunakan lem, pastikan permukaan kardus yang akan direkatkan bersih dan kering agar lem dapat menempel dengan baik. Selain itu, pastikan lem tidak terlalu banyak digunakan agar hasilnya tidak berantakan dan tidak mengganggu proses penyusunan periskop. Gunting juga perlu dijaga kebersihannya agar pemotongan kardus dan kertas lancar tanpa hambatan.

Kesimpulan

Lem dan gunting adalah bahan penting yang digunakan dalam pembuatan periskop sederhana. Lem digunakan sebagai perekat untuk menggabungkan dua potongan kardus menjadi satu kesatuan, sedangkan gunting digunakan untuk memotong kardus dan kertas sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan lem yang cukup kuat dan gunting yang tajam dalam proses pembuatan periskop agar hasilnya berkualitas.

Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan Bahan untuk Membuat Periskop Sederhana dari artikel ini. Sekarang Anda memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang apa yang diperlukan dan bagaimana membuat periskop sendiri. Selain menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan, membuat periskop sederhana ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan ketertarikan Anda terhadap dunia ilmu pengetahuan. Jangan ragu untuk melibatkan teman atau keluarga dalam proyek ini untuk pengalaman yang lebih seru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas perhatiannya!